Mendapatkan Personal Branding Dari Kekhasan Blog



Setelah sekian lama gak ngikutin kelas BOBE alias BloggerBengkulu akhirnya saya kembali lagi untuk belajar di workshop nya kelas BOBE yang ke 7, kali ini tema workshopnya begitu menarik, yakni bagaimana membuat kekhasan atau niche dari blog yang kita punya.


Acara workshop ini kemarin di selenggarakan hari minggu 25 Februari di taman wisata bhadrika yang view tempatnya kekinian banget dari jam 2 sampai jam 4 sore. Workshop kali ini begitu ramai karena mbak Milda mendatangkan para Blogger Bengkulu yang memiliki kekhasan blognya masing-masing, seperti ada Intan ( Blog tentang book), mbak Zefy (Blog tentang food), Aang ( Blog News, Azizah ( Blog beauty) dan mbak Relinda (Blog travelling).

Acara Bobe ini sendiri di buka langsung oleh mbak Milda selaku ketua BloggerBengkulu, seperti biasa dalam wejangannya ia selalu memberikan semangat kepada blogger pemula yang ingin serius menekuni dunia blog.

Tema kekhasan ini sendiri di sampaikan oleh mbak Milda bahwa kekhasan sangat penting karena ketika Seorang Blogger memiliki kekhasan akan memudahkan Blogger dan orang akan mencarinya dengan gampang.


Tentunya mak Milda dan mbak Ria Fasha membuat kembali kelas Blogger agar para Blogger pemula termotivasi untuk menulis di blog. 


Hasilnya bisa dilihat dari beberapa narasumber which is mereka mempresentasikan tentang passion blog mereka satu persatu.


Nah, dari workshop kelas Bobe kemarin ada beberapa tips dan catatan buat para blogger pemula yang ingin memiliki personal branding atau niche dari blog yang akan kita buat.

Narasumber yang pertama dari aang mengenai News.


Menurut Aang sendiri jika kamu ingin memiliki blog khusus berita ;
1. Blog berita sendiri  harus memiliki tujuan khusus.
2. Blog berita harus memiliki satu referensi ,tapi jangan lupa menyertai link tampilan blog,
3. Konsep dalam portal berita ; mencari berita yang lagi trend baik isi atau gambar yang bagus agar  dapat menghasilkan uang.

Next, Blogger Azizah


Azizah yang bergabung sejak juni 2017 ini memiliki hobby bercermin di depan kaca membuat ia menjadi Blogger tentang beauty.

Beberapa hal yang mesti di lakuin blogger pemula jika ingin  membuat blog apapun itu harus memiliki Niat, Usaha dan Komitmen. Berbagai pengalaman yang ia dapatkan menjadi beauty Blogger, salah satunya ia pernah mendapat kiriman kosmetik gratis dari hasil tulisan beauty blognya. 'So ga rugi katanya kalo jadi blogger Beauty' , Azizah Said. 

Dan narasumber yang ketiga datang dari blog traveling mbak Relinda




Dalam penyampaiannya, mbak Inda lebih share pengalamannya bagaimana konsisten  dan bertahan pada blog traveling. cewek yang hobby nya suka jalan-jalan ini  selalu mengingatkan untuk memanfaatkan media sosial untuk memosting setiap tulisan agar nge branding tulisan kita. 

Memiliki motivasi spirit akan kesukaan diri kita, gabung komunitas, mencari referensi untuk mengupgrade apa yang sedang berkembang, cara menulis atau cara pandang dalam menulis dan menulis apa yang kita minat menjadi pesan dari mbak yang bergaya sedikit vintage ini.

Buat kamu yang suka baca buku dan suka mngereview sendiri gak ada salahnya juga bisa dituangkan dalam dunia media sosial seperti blog. 



Kalau kata Intan, menjadi blogger buku banyak banget faedahnya karena selain memberikan informasi juga menambah wawasan diri .

Perbanyak teman sesame blogger buku di sosmed, baca buku yang genre disukai dan mengikuti lomba  giveaway. Berusaha mengikuti apa yang dimau, suka baca buku, lawan malas berkompetisi mulai dari yang paling ringan seperti ikutan giveaway kecil2lan, kelilingi diri agar semangat ngeblog, dan yang terakhir tetapkan goals untuk memacu diri agar semangat.

Kalo yang hobby makan dan suka masak sendiri , nih ada blogger food dari mbak Zefy


Nah kalo dari mbak Zefy sendiri, berawal karena ia suka masak sama nulis.  Selain itu,  kalo dapat resep masakan dari orang lain bisa  di modif masakannya dan berbagi melalui blog.

Dalam paparan mereka masing-masing, Basically untuk menjadi blogger tentunya kita harus tahu goal dan tema yang akan kita tulis, secara menjadi blogger pun harus mengerti dan tahu passionnya bakal kemana. Entah itu travelling, news atau pun beauty.


Begitu antusias kami mendengarkan mereka membagikan pengalaman, tak berapa lama hujan lebat pun turun. Sehingga terjadi sedikit noise dalam sesi tanya jawab. 


Karena sebagai peserta begitu antusias, akhirnya masing-masing narasumber berpindah tempat ke arah peserta. Masng-masing dari mereka membagikan tips dan memberikan arahan kepada kami mengenai kekhasan blog ini.

Semoga apa yang telah kami ikuti bermanfaat bagi kami para peserta kelas bobe 7 kemarin.

Tulisan ini dibuat untuk menjawab tantangan #NulisSerempak  dari BloggerBengkulu  

BloggerBengkulu mantap.

4 komentar:

  1. Wah sayang sekali kemaren saya gak bisa ngikut,acaranya manfaat banget buat saya yang baru belajar ngeblog. Makasih dah dibagi bocorannya...semangat septa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bang semangat... Ayok kpan kita ketemu lg. Hehehe

      Hapus
  2. Emang aku vintage, ya, gayanya...? ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak,ga kekinian.. Pi u have uniq personal. And I like it...

      Hapus

Silahkan Berkomentar

Adbox